Amitabh Bachchan lunasi utang ribuan petani, totalnya Rp 8,2 M

Brilio.net – Krisis pertanian tengah melanda warga India. Tahun 2015 tercatat lebih dari 12.600 petani dan pekerja bunuh diri. Angka tersebut merupakan 10 persen dari seluruh kasus bunuh diri yang terjadi di India tahun 2015 silam. Menurut data resmi, sekitar 60 persen tindakan bunuh diri disebabkan permasalahan utang dan kebangkrutan.

India sedang mengalami krisis pertanian. Diketahui masalah yang terjadi adanya penurunan harga komoditas, upah stagnan, serta tingginya biaya bahan bakar dan pupuk. Tentunya ini berdampak pada kehidupan para petani di India. Tak sedikit dari mereka terpaksa berutang untuk memenuhi kebutuhan.

Menanggapi permasalahan ini, artis Bollywood Amitabh Bachchan tak tinggal diam. Aktor 76 tahun ini berinisiatif membantu hampir 1400 petani di India Utara dengan membayar utang-utang mereka. Total yang telah dilunasi Amitabh Bachchan sejumlah 40 juta rupee atau sekitar Rp 8,2 miliar.

Bachchan pun menulis di blognya bahwa dirinya telah membantu tepatnya 1.398 petani dari negara bagian utara Uttar Pradesh. Bachchan pun mengungkapkan rasa syukur karena bisa meringankan beban para petani. Ia juga merasa lega karena keinginannya untuk membantu sudah terpenuhi.

“Syukur berseberangan dengan keinginan untuk menghapus beberapa beban yang terus diderita petani dan kedamaian batin yang dihasilkannya ketika yang diinginkan selesai,” tulis aktor Kuch Kuch Hota Hai.

Sebelumnya, juru bicara Serikat Bhartiya Kisan (Persatuan Petani India), Rakesh Tikait mengatakan pada Thomson Reuters Foundation bahwa petani di India memang sedang mengalami masa sulit.

“Ini adalah masalah yang sangat besar dan membuat petani di dalam negeri kesulitan,” ujar Tikait yang brilio.net lansir dari laman Dailymail pada Kamis (22/11).

“Kebijakan pemerintah itu cacat dan perlu diperbaiki. Kami berjuang untuk perubahan itu tetapi berterima kasih atas bantuan yang datang di sepanjang jalan,” tambahnya.

Tikait juga mengatakan, sikap Bachchan yang simbolis itu sangat berarti bagi para petani yang berjuang untuk bertahan hidup.

 

Sumber : https://www.brilio.net/selebritis/amitabh-bachchan-lunasi-utang-ribuan-petani-totalnya-rp-82-m-181122b.html?fbclid=IwAR2_Gwl-TdF2dCEB1dXpBIdnhPhfDjxSzXwyHst4OyNnNDQ7rEoNw28VoGw#

No Comments

Leave a Reply

  •