Wisata Kekinian Mengisi Akhir Pekan di Kota Semarang

SEMARANG, KOMPAS.com – Pariwisata Kota Semarang, Jawa Tengah kini memiliki berbagai opsi menarik, yang tak itu-itu saja. Terutama bagi yang sudah seringkali berkunjung ke kota lumpia ini, Anda harus mencoba ragam sensasi baru wisata Semarang di akhir pekan. Lokasinya yang cukup berdekatan, membuat Anda tidak perlu meluangkan banyak waktu. Cukup di akhir pekan, Anda sudah bisa menjelajahi destinasi wisata baru, di Semarang ini.

Berikut destinasi wisata baru di Semarang yang telah dikunjungi KompasTravel, Kamis (29/3/2018).

1. Naik Si Kenang, City Tour Semarang

Kini Kota Semarang memiliki ikon pariwisata baru, ialah Si Kenang. Bus tingkat yang akan memandu wisatawan keliling Kota Semarang ini diluncurkan tahun 2017, dan sangat layak untuk menyambut wisatawan.

Untuk naik Si Kenang, tiket diperoleh secara gratis. Anda hanya diminta menukarkan kartu tanda penduduk (KTP) dengan tiket untuk sementara. Setelah trip selesai, Anda akan mendapatkan KTP kembali. Anda bisa menaikinya di Museum Mandala Bhakti, pemberangkatan pertama mulai pukul 08.00 WIB.

2. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi yang tak jauh dari destinasi favorit Sam Poo Kong juga jadi ikon wisata Semarang kini. Setiap akhir pekan diburu para penikmat swafoto, termasuk wisatawan mancanegara. Anda bisa naik bus Si Kenang untuk menuju ke sini. Di dalam Kampung Pelangi ini banyak spot-spot foto instagramable yang dibuat sendiri oleh warga di teras rumahnya masing-masing. Untuk berfoto di sini, wisatawan cukup membayar seikhlasnya, ataupun cukup membeli jajanan dan minuman yang dijual masyarakat di sana.

3. Berpacu Gokart di Speedway

Bagi yang suka kebut-kebutan, Anda harus uji kemampuan mengemudikan gokart di sini. Sirkuit gokart pertama di Semarang ini bernama Semarang Speedway, lokasinya di di Jalan Raya Marina, Boulevard kav 88, Marina, Semarang. Untuk mencobanya Anda perlu mendaftar sebagai member yang didapat secara gratis dengan pemesanan dua kali paket balap/race. Satu kali paket balap, Anda akan mendapatkan kesempatan lima menit atau sekitar delapan sampai sembilan lap. Anda akan menjajal sirkuit beton sepanjang 300 meter. Dengan mesin GT 200 cc yang bisa melaju hingga 150 kilometer per jam. Setelah semua perlengkapan siap, pengunjung pun diedukasi tentang peraturan dan tata cara pertama kali mengendarai gokart.

Sumber : https://travel.kompas.com/read/2018/03/31/170500727/wisata-kekinian-mengisi-akhir-pekan-di-kota-semarang

Selamat! Bos Amazon Resmi Jadi Orang Terkaya Dunia

Jakarta – Majalah Forbes merilis jajaran orang terkaya di dunia tahun 2018. Jeff Bezos menggeser Bill Gates jadi orang paling tajir sejagat. Selamat!

Bos Amazon ini mengantongi harta US$ 112 miliar atau sekitar Rp 1.512 triliun (kurs Rp 13.500/dolar AS). Menggeser Bill Gates yang kekayaannya di 2018 mencapai US$ 90 miliar atau Rp 1.215 triliun.

Kekayaan Bezos melonjak setelah saham Amazon lompat 59% dalam 12 bulan. Alhasil, kekayaan pria yang terkenal dengan kepala plontos itu naik US$ 39,2 miliar.

Itu adalah kenaikan paling tinggi sejak Forbes mulai merilis daftar orang-orang terkaya sejak 1987.

Selain Bezos, yang mengalami tahun gemilang di 2017 adalah Bernard Arnault, CEO LVMH yang terkenal dengan merek fashion, Louis Vuitton. Aksi LVMH membeli Christian Dior membuat kekayaan Arnault melonjak hingga US$ 30,5 miliar.

Karena itu, Arnault sekarang menduduki posisi keempat orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$ 75 miliar atau Rp 1.012 triliun. Arnault sudah menjadi orang terkaya di Eropa sejak 2012 lalu

 

Smber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3903024/selamat-bos-amazon-resmi-jadi-orang-terkaya-dunia

Jepang Peringati 7 Tahun Gempa dan Tsunami

Liputan6.com, Tokyo – Warga Jepang di Tokyo dan sepanjang pesisir timur laut menandai peringatan tujuh tahun gempa dan tsunami yang menewaskan lebih dari 18.000 jiwa. Bencana yang terjadi tepat pada 11 Maret 2011 tersebut juga memicu kehancuran pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima.

Seperti dilansir Associated Press yang dikutip pada Minggu, (11/3/2018), beberapa orang menghadap ke arah laut lepas, menundukkan kepala, dan menyatukan telapak tangan mereka. Di Tokyo, sebagian lainnya memilih menyalakan lilin.

Sirene meraung pada pukul 14.46, tepat saat gempa berkekuatan 9 skala Richter mengguncang kawasan Tohoku di lepas pantai Samudra Pasifik, tepatnya di wilayah timur Sendai, Honshu, hingga memicu terjadinya tsunami.

Dalam sebuah kesempatan saat tampil di acara resmi di Tokyo, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa rekonstruksi membuat kemajuan yang pesat, tapi lebih dari 70.000 orang masih mengungsi. Dan banyak di antara mereka yang tidak akan pernah bisa kembali ke kediaman semula.

Pembersihan kontaminasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima tetap merupakan tantangan menakutkan yang diduga akan memakan waktu puluhan tahun.

Pangeran Akishino, putra kedua Kaisar Akihito, menyatakan harapannya pada peringatan tujuh tahun gempa dan tsunami ini. Ia ingin agar ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan membantu mencegah atau mengurangi kerusakan akibat bencana alam di masa depan.

“Saya sungguh berharap … dapat memercayakan pengetahuan ke generasi mendatang untuk melindungi banyak orang dari bahaya bencana,” tutur Pangeran Akishino dari Jepang.

—————————————————1 dari 2 halaman—————————————————

Sudah Diprediksi

Bencana dahsyat gempa dan tsunami di Jepang tersebut sebelumnya telah diprediksi oleh astrolog Richard Nolle.

Dalam sebuah wawancara dengan ABC Radio pada Rabu 9 Maret 2011, Nolle mengatakan bahwa supermoon “ekstrem” yang akan terjadi pada 10 hari kemudian –yang membuat jarak Bumi-Bulan hanya 221.567 mil atau 356.578 kilometer– bakal memicu malapetaka.

Supermoon ini memiliki kaitan historis dengan badai yang kuat, tsunami, pasang ekstrem, juga gempa bumi,” ujar Richard Nole, seperti dilansir CNN pada 2015.

Supermoon merupakan bulan purnama atau bulan baru yang terjadi saat Bulan sedang atau akan berada (dalam rentang 90%) pada jarak terdekatnya dari Bumi (perigee),” imbuh dia. Atau dengan kata lain Matahari, Bumi, dan Bulan sedang berada pada satu garis. Dengan Bulan berada pada jarak terdekat dengan planet manusia.

Fenomena astronomi itu bisa terjadi 4-6 kali dalam setahun. Menurut Nolle, adalah tarikan gravitasi yang diakibatkan supermoon yang akan membawa kekacauan pada Bumi. Dan 2 hari kemudian, 11 Maret 2011, bumi Jepang berguncang dan tsunami itu terjadi.

Sumber : http://global.liputan6.com/read/3363078/jepang-peringati-7-tahun-gempa-dan-tsunami?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

Belum Genap Sebulan Tayang, Film Aamir Khan Meledak di Tiongkok

Liputan6.com, Mumbai – Selebritas mana yang tak bangga karya mereka dicintai banyak orang. Hal itu lah yang kini tengah dirasakan Aamir Khan.

Film Aamir Khan yakni Secret Superstar diketahui belum lama ini tayang di Tiongkok. Tepatnya pada 19 Januari 2018 setelah lebih dulu tayang di India pada 19 Oktober 2017 lalu.

Secret Superstar yang juga dibintangi Aamir Khan dan Zaira Wasim itu kabarnya mendapat sambutan positif dari masyarakat Tiongkok. Sebagaimana diwartakan Hindustan Times, Jumat (16/2/2018).

—————————————————–1 dari 5 halaman—————————————————–

Masuk Box Office

Melalui akun Twitternya, analis perdagangan, Taran Adarsh mengungkapkan bahwa Secret Superstar berhasil memecahkan rekor di Tiongkok. Kabar itu jelas membuat Aamir Khan selaku produser dan pemain, bahagia sekaligus bangga.

#SecretSuperstar benar-benar BLOCKBUSTER di China..” tulisnya.

—————————————————–2 dari 5 halaman—————————————————–

Pecahkan Rekor

Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, Secret Superstar kabarnya sudah memperoleh sekitar 7,5 miliar rupee atau setara dengan Rp 1,5 triliun. Dan angka tersebut digadang-gadang masih akan terus bertambah.

Melewati angka 750 crore dalam 4 minggu…. Masih terus menanjak… Total sampai dengan 15 Februari 2018,” ungkap Taran.

—————————————————–3 dari 5 halaman—————————————————–

Film Drama Musikal

Secret Superstar merupakan film drama musikal yang dibintangi Aamir Khan dan aktris cilik Zaira Wasim. Mengisahkan seorang remaja yang ingin menjadi terkenal dalam dunia musik.

Remaja tersebut pun akhirnya bertemu dengan seorang musisi (diperankan Aamir Khan). Ia akhirnya bisa mewujudkan mimpinya dan bersinar di sebuah acara musikal besar.

—————————————————–4 dari 5 halaman—————————————————–

Eksis di Tiongkok

Secret Superstar sendiri bukan film pertama Aaamir Khan yang sukses di Tiongkok. Filmnya yang lain seperti 3 Idiots, PK serta Dangal juga sempat melejit di sana.

Dangal bakan menjadi salah satu dari lima film non-Hollywood terlaris di Tiongkok. Setelah ini, film Aamir Khan Bajrangi Bhaijaan juga bakal tayang di 8000 bioskop seluruh dunia termasuk di Tiongkok pada 2 Maret 2018 mendatang.

Sumber : http://showbiz.liputan6.com/read/3292936/belum-genap-sebulan-tayang-film-aamir-khan-meledak-di-tiongkok

Sibuk di Hollywood, Priyanka Chopra Dirindukan di Negara Asalnya

Liputan6.com, Mumbai – Priyanka Chopra dianggap sebagai artis yang melejit di Bollywood, mengembangkan sayapnya di Hollywood berkat serial Quantico. Mantan Miss World tahun 2000 ini rupanya makin mantap berkarier di Hollywood. Saat ini, serial Quantico yang diperankan Priyanka Chopra telah memasuki musim ke-3, diwartakan The Hollywood Life.

—————————————————–1 dari 5 halaman—————————————————–

Makin Sibuk

Akibatnya, sang artis makin sibuk di Hollywood. Hal itu membuat penggemar di negara asalnya, India, merindukan sosoknya.

Mereka berharap menyaksikan Priyanka Chopra di film Bollywood atau layar kaca terbaru, diwartakan Times of India, Rabu (21/2/2018). Secara kebetulan, kabar terbaru menyebutkan, Priyanka Chopra mendapatkan tawaran berakting di sekuel Aitraaz.

—————————————————–2 dari 5 halaman—————————————————–

Jadi Antagonis

Film Aitraaz yang tayang 2004 silam juga pernah diperankan Priyanka Chopra. Ia memerankan karakter antagonis.

Sebuah kabar menyebutkan, tim produksi telah menawarkan karakter tersebut untuk kembali diperankan Priyanka Chopra. Hingga saat ini, Priyanka Chopra dilaporkan masih menimbang-nimbangnya.

—————————————————–3 dari 5 halaman—————————————————–

Senang Terkenal di Hollywood

Priyanka Chopra berterima kasih atas dukungan fans. Ia tak menyangka bisa diterima dengan tangan terbuka di Hollywood.

“Saya sungguh tak menyangka dengan antusiasme penonton di seluruh dunia. Dengan Quantico musim baru, kami akan menyuguhkan jalan cerita yang menegangkan, membuat kalian makin penasaran,” ungkap Priyanka Chopra.

—————————————————–4 dari 5 halaman—————————————————–

Terbiasa Beradegan Laga

Di Quantico, Priyanka Chopra berperan sebagai Alex Parrish, agen FBI. Beberapa adegan laga pun dilakoni Priyanka Chopra dengan penuh semangat.

“Ada banyak film Bollywood yang telah saya bintangi, termasuk film laga, seperti Don, Drona, Don 2. Saya memang senang dengan adegan laga. Saya melakukannya dengan berbagai persiapan,” ungkap Priyanka Chopra

Sumber : http://showbiz.liputan6.com/read/3308618/sibuk-di-hollywood-priyanka-chopra-dirindukan-di-negara-asalnya

Kritikan Makin Pedas, Padmavati Justru Tembus Keuntungan Rp 1,1 Triliun

Liputan6.com, Jaipur – Padmavati yang diperankan Deepika Padukone, Shahid Kapoor, dan Ranveer Singh menjadi kontroversi. Film yang seharusnya tayang akhir 2017 itu terpaksa ditunda kemunculannya di layar bioskop karena banyaknya protes yang datang dari kelompok masyarakat di India.

Alasannya, Padmavati diduga memberikan gambaran yang berbeda dengan sejarah yang beredar di masyarakat. Tak hanya diprotes kaum agama Hindu, umat Muslim di India juga menyuarakan keberatannya.

—————————————————–1 dari 5 halaman—————————————————–

Dianggap Sesat

Padmavati memberikan gambaran yang salah mengenai sosok Sultan Allaudin Khilji. Selain itu, film ini juga terkesan menyudutkan umat Muslim, dilansir dari HindustanTimes.

Umat muslim di India berharap film Padmavati diuji kembali kelayakannya. Asaduddin Owaisi meminta panel yang berisi ahli sejarah atau mantan bangsawan India, khususnya Rajput (menjadi setting cerita berlangsung), memberikan ulasan (review) film yang objektif.

—————————————————–2 dari 5 halaman—————————————————–

Laris Manis

Meski banyak mendapatkan kritikan pedas, banyak orang yang penasaran dengan cerita Padmavati. Akhirnya Padmavati langsung masuk ke jajaran Box Office tak lama dirilis.

Kini, Padmavati disebut sebagai film Bollywood terlaris. Keuntungan yang diraih Padmavati yaitu 500 Crore Rupee atau sekitar Rp 1,1 triliun, diwartakan ZeeNews, Selasa (20/2/2018).

—————————————————–3 dari 5 halaman—————————————————–

Sukses di Seluruh Dunia

Angka keuntungan Padmavati disebut-sebut akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Padmavati masuk dalam jajaran film Bollywood yang sukses di seluruh dunia, setelah Baabubali 2 dan Dangal.

Kehadiran Padmavati membuat film yang diperankan Salman Khan dan Katrina Kaif, Tiger Zinda hai mulai hilang pamor. Bahkan, Tiger Zinda Hai mulai melambat di Box Office.

—————————————————–4 dari 5 halaman—————————————————–

Film Lain Tunduk

Tiger Zindai Hai, film bernuansa laga yang dibalut dengan romantisme sempat menjadi perbincangan di Bollywood. Film tersebut sempat dapat sebutan sebagai karya tersukses di awal 2018.

Kini, sebutan tersebut jatuh ke tangan Padmavati. Kesuksesan Padmavati juga membuat pemerannya, Deepika Padukone, Shahid Kapoor dan Ranveer Singh makin populer.

Sumber : http://showbiz.liputan6.com/read/3304841/kritikan-makin-pedas-padmavati-justru-tembus-keuntungan-rp-11-triliun

Tahun Politik, Tak Halangi Pembuatan Ogoh-ogoh

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Memasuki pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, animo masyarakat Kabupaten Klungkung untuk berkreasi membuat ogoh-ogoh menyambut Hari Raya Nyepi tak padam. Bahkan, pemkab tetap menyelenggarakan lomba. Hanya saja, karyanya dilarang mengandung unsur politik.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Klungkung, Komang Sukarya menjelaskan pembuatan boneka raksasa itu sebagai bentuk pelestarian budaya dan bagian kreativitas seni masyarakat. Ditengah hajatan politik ini, hal tersebut tidak dijadikan persoalan. “Kami tidak berpikir ke arah politik,” ungkapnya, Selasa (20/2).

Pejabat yang juga seorang seniman ini menyebutkan pada perlombaan itu, panitia sudah memberikan kriteria sangat ketat. Salah satunya, karya tidak berbau politik. Jika diabaikan, sanksi diskualifikasi siap mengganjar. Sementara itu, terkait tokoh yang dibuat mengambil cerita dari Mahabharata, Baratayudha atau babad. “Bahannya juga harus ramah lingkungan. Tidak boleh memakai Styrofoam,” tegasnya.

Lomba tahun ini hanya diikuti delapan peserta, lebih sedikit jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut ditengarai akibat keterbatasan anggaran.

Pada lomba ini, pemkab memberikan anggaran pembinaan Rp 9 juta untuk peserta di Klungkung daratan dan Rp 12 juta Nusa Penida. Jumlah tersebut dinyatakan sudah naik dari sebelumnya.

Ogoh-ogoh tersebut akan diarak pada 11 Maret. Klungkung daratan dipusatkan di Jalan Untung Surapati dan di Kepulauan Nusa Penida di Lapangan Desa Sampalan. Tim penilaianya pun tidak mengambil orang Klungkung. “Ini supaya objektif. Penilaian ke lapangan sudah mulai. Itu lebih ke bahan-bahan,” tandasnya. (Sosiawan/balipost)

Sumber : http://www.balipost.com/news/2018/02/21/38193/Tahun-Politik,Tak-Halangi-Pembuatan…html

Longsor di Puncak Bogor, 2 Tewas Tertimbun

Liputan6.com, Jakarta – Dua orang tewas tertimbun longsor di sekitar Masjid Atta’awun Puncak, Kabupaten Bogor, Senin (5/2/2018). Satu orang lainnya dilaporkan masih tertimbun material longsor.

“Ada dua yang tewas dan tiga luka-luka dibawa ke RSUD Cimacan,” kata Kasat Lantas Polres Bogor, Ajun Komisaris Hasby Ristama, di lokasi longsor Puncak, Senin.

Selain korban jiwa maupun luka, longsor Puncak juga menimbun satu unit sepeda motor di kawasan Riung Gunung. Hingga saat ini, tim gabungan masih membersihkan material yang menutupi badan jalan sekitar Riung Gunung.

“Kami masih fokus evakuasi longsor,” ujar Hasby.

Pantauan Liputan6.com, hingga pukul 15.00 WIB tim gabungan dari TNI/Polri, Damkar, tim relawan lainnya masih membersihkan jalan di enam titik lokasi longsor di Puncak.

————————————————–1 dari 2 halaman————————————————–

Jalur Puncak Ditutup

Satu unit alat berat juga terlihat sedang mengevakuasi material tanah dan batu yang menutupi badan jalan tepat di kawasan Riung Gunung. Tak hanya itu, petugas PLN juga terlihat sedang memperbaiki tiang yang roboh.

Jelang sore ini, polisi masih menutup jalur Puncak. Akibatnya, antrean kendaraan mengular, mulai dari Simpang Gadog hingga sebelum pintu Tol Ciawi.

Sejumlah kendaraan juga ikut terjebak di jalur Puncak, seperti di Riung Gunung, akibat adanya longsor tersebut.

Sumber : http://news.liputan6.com/read/3259232/longsor-di-puncak-bogor-2-tewas-tertimbun

Makam Kuno Berusia 4.400 Tahun Ditemukan di Mesir

Liputan6.com, Kairo – Para arkeolog Mesir mengatakan, telah menemukan sebuah makam berusia 4.400 tahun, di dekat piramida-piramida yang tidak jauh dari Kairo.

Kementerian Purbakala Mesir mengumumkan penemuan itu pada Sabtu 3 Februari 2018. Disampaikan bahwa makam tersebut kemungkinan berisi pejabat tinggi yang bernama Hetpet pada masa Dinasti ke-5 Mesir kuno.

Seperti dikutip dari VOA News, Minggu (4/2/2018), makam tersebut mencakup lukisan dinding yang menggambarkan, Hetpet melihat beberapa tempat berburu ‘dan penangkapan ikan.

“Tempat-tempat tersebut menunjukkan seekor monyet, yang pada waktu itu banyak dimiliki sebagai binatang piaraan, sedang memetik buah dan seekor lagi menari di hadapan orkestra,” ujar pemimpin misi arkeologi, Mostafa Al-Waziri.

Al-Wazir juga yakin, Hetpet adalah seorang wanita yang diyakini dekat dengan kaum bangsawan Mesir, mempunyai satu makam lagi di necropolis barat Giza, di mana terdapat beberapa makam para pejabat tertinggi Kerajaan Kuno Mesir.

Al-Waziri mengatakan, penggalian sedang berlangsung untuk makam yang lain.

————————————————–1 dari 2 halaman————————————————–

Dua Makam Kuno

Sebelumnya, arkeolog Mesir mengumumkan penemuan terbarunya. Mereka menguak dua makam kuno di sebelah selatan Luxor. Diperkirakan, makam tersebut berusia 3.500 tahun.

Makam yang berada di nekropolis atau “kota kematian” Dra Abul Naga, di tepi barat Sungai Nil itu ditemukan di sebuah kompleks pemakaman bangsawan dan pejabat tinggi. Di dalamnya, para arkeolog menemukan sejumlah patung, mumi, tembikar, dan artefak lain.

“… Makam dari abad ke-18 akhirnya ditemukan. Tapi, ini kali pertamanya kami memasuki area pemakaman tersebut,” ujar Menteri Kepurbakalaan Mesir, Khaled al-Anani, melansir laman The Guardian, Senin 11 Desember 2017.

Ia mengklaim penemuan tersebut sebagai bagian dari upaya kementerian untuk mempromosikan sektor pariwisata Negeri Piramida.

Sebagaimana diketahui, pada 2011, Mesir dilanda serangan ekstremis dan kekacauan politik, menyusul adanya pemberontakan. Hal ini membuat industri pariwisata Mesir lesu.

Pemerintah berharap, penemuan ini bisa menghidupkan kembali sektor pariwisata yang pernah ramai di negara mereka.

Anani lantas menjelaskan dua makam kuno itu. Katanya, satu makam memiliki sebuah halaman yang dilapisi batu bata dan berisi sebuah poros pemakaman sedalam enam meter. Halaman dan poros ini mengarah ke empat ruang samping.

Artefak yang ditemukan di dalamnya sebagian besar merupakan pecahan peti mati kayu, sedangkan prasasti dan lukisan dinding menunjukkan bahwa makam ini diduga berasal dari era antara masa pemerintahan Raja Amenhotep II dan King Thutmose IV. Keduanya merupakan firaun dari Dinasti ke-18.

Makam kedua memiliki lima pintu masuk yang mengarah ke aula berbentuk persegi panjang. Makam ini juga berisi dua poros pemakaman yang terletak di sisi utara dan selatan makam.

Artefak yang ditemukan di dalamnya, yaitu kerucut pemakaman — sejenis gerabah yang dicap, topeng pemakaman kayu yang dicat, kapal tanah liat, sekitar 450 patung, dan mumi yang dibungkus linen (bahan yang terbuat dari serat tumbuhan rami).

“Makam yang baru dibuka ini tidak dalam kondisi baik. Tetapi, isinya mungkin memberikan petunjuk bagi penemuan-penemuan lain,” ujar Anani.

Kementerian Kepurbakalaan Mesir menyebut, ada sebuah gerobak yang diukir di langit-langit dan diberi nama Raja Thutmose I dari dinasti ke-18 awal.

 

Sumber : http://global.liputan6.com/read/3255099/makam-kuno-berusia-4400-tahun-ditemukan-di-mesir

Indonesia Raih ‘Best Director’ dalam Ajang ASEAN Film Awards 2017

Liputan6.com, Jakarta – Wicaksono Wisnu Legowo, sutradara film “Turah” terpilih sebagai sutradara terbaik (Best Director) dalam ajang ASEAN Film Awards yang dilaksanakan dalam rangkaian ke-20 Vietnam Film Festival di Trung Vuong Theatre, Da Nang, Vietnam, pada 28 November 2017.

Film “Turah” masuk dalam tiga nominasi dari empat kategori, yaitu Best Actor, Best Director dan Best Movie. Wicaksono Wisnu Legowo berhasil menyabet gelar Best Director dengan menyisihkan dua sutradara asal ASEAN lainnya, yaitu Mikhail Reid (Filipina/Birdshot) dan K. Rajagopal (Singapura/A Yellow Bird). Demikian keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com dari KBRI Hanoi pada 29 November 2017.

Sementara itu, Best Actress diraih oleh Mary Joy Apostol (Filipina/Birdshot) dan Best Actor dimenangkan oleh Sivakumar Palakhrisnan (Singapura/A Yellow Bird). Film A Yellow Bird asal Singapura dinobatkan sebagai Best Movie.

Victor J. Sambuaga, Minister Counsellor KBRI Hanoi, mewakili Wicaksono Wisnu Legowo menerima penghargaan Best Director tersebut. Dewan Juri sendiri terdiri dari Jonathan Hyong-Joon Kim (Produser/Korea Selatan), Roger Garcia (Sutradara/Hong Kong, Cina) dan Karolina Bielawska (Sutradara dan Scriptwriter/Polandia).

ASEAN Film Awards dengan tema “Cinema connects the ASEAN community” untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh Vietnam dalam rangka memperingati ulang tahun ASEAN ke-50.

Tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan film-film terbaik dari 10 negara anggota ASEAN serta menegaskan kembali peran industri perfilman dalam memperkuat persahabatan masyarakat ASEAN.

Setiap negara ASEAN hanya dapat diwakilkan oleh satu film. Adapun kesepuluh film ikut dalam ajang ini adalah Descendant (Brunei Darussalam), Benevolence of Contemporary (Kamboja), Turah (Indonesia), Swan Lifts Turtle (Laos), Adrift (Malaysia), Angel of Eden (Myanmar), Birdshot (Filipina), A Yellow Bird (Singapura), By the Time It Gets Dark (Thailand) dan Hello Vietnam (Vietnam)

 

Sumber : http://global.liputan6.com/read/3180203/indonesia-raih-best-director-dalam-ajang-asean-film-awards-2017