Belum Genap Sebulan Tayang, Film Aamir Khan Meledak di Tiongkok

Liputan6.com, Mumbai – Selebritas mana yang tak bangga karya mereka dicintai banyak orang. Hal itu lah yang kini tengah dirasakan Aamir Khan.

Film Aamir Khan yakni Secret Superstar diketahui belum lama ini tayang di Tiongkok. Tepatnya pada 19 Januari 2018 setelah lebih dulu tayang di India pada 19 Oktober 2017 lalu.

Secret Superstar yang juga dibintangi Aamir Khan dan Zaira Wasim itu kabarnya mendapat sambutan positif dari masyarakat Tiongkok. Sebagaimana diwartakan Hindustan Times, Jumat (16/2/2018).

—————————————————–1 dari 5 halaman—————————————————–

Masuk Box Office

Melalui akun Twitternya, analis perdagangan, Taran Adarsh mengungkapkan bahwa Secret Superstar berhasil memecahkan rekor di Tiongkok. Kabar itu jelas membuat Aamir Khan selaku produser dan pemain, bahagia sekaligus bangga.

#SecretSuperstar benar-benar BLOCKBUSTER di China..” tulisnya.

—————————————————–2 dari 5 halaman—————————————————–

Pecahkan Rekor

Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, Secret Superstar kabarnya sudah memperoleh sekitar 7,5 miliar rupee atau setara dengan Rp 1,5 triliun. Dan angka tersebut digadang-gadang masih akan terus bertambah.

Melewati angka 750 crore dalam 4 minggu…. Masih terus menanjak… Total sampai dengan 15 Februari 2018,” ungkap Taran.

—————————————————–3 dari 5 halaman—————————————————–

Film Drama Musikal

Secret Superstar merupakan film drama musikal yang dibintangi Aamir Khan dan aktris cilik Zaira Wasim. Mengisahkan seorang remaja yang ingin menjadi terkenal dalam dunia musik.

Remaja tersebut pun akhirnya bertemu dengan seorang musisi (diperankan Aamir Khan). Ia akhirnya bisa mewujudkan mimpinya dan bersinar di sebuah acara musikal besar.

—————————————————–4 dari 5 halaman—————————————————–

Eksis di Tiongkok

Secret Superstar sendiri bukan film pertama Aaamir Khan yang sukses di Tiongkok. Filmnya yang lain seperti 3 Idiots, PK serta Dangal juga sempat melejit di sana.

Dangal bakan menjadi salah satu dari lima film non-Hollywood terlaris di Tiongkok. Setelah ini, film Aamir Khan Bajrangi Bhaijaan juga bakal tayang di 8000 bioskop seluruh dunia termasuk di Tiongkok pada 2 Maret 2018 mendatang.

Sumber : http://showbiz.liputan6.com/read/3292936/belum-genap-sebulan-tayang-film-aamir-khan-meledak-di-tiongkok

Sibuk di Hollywood, Priyanka Chopra Dirindukan di Negara Asalnya

Liputan6.com, Mumbai – Priyanka Chopra dianggap sebagai artis yang melejit di Bollywood, mengembangkan sayapnya di Hollywood berkat serial Quantico. Mantan Miss World tahun 2000 ini rupanya makin mantap berkarier di Hollywood. Saat ini, serial Quantico yang diperankan Priyanka Chopra telah memasuki musim ke-3, diwartakan The Hollywood Life.

—————————————————–1 dari 5 halaman—————————————————–

Makin Sibuk

Akibatnya, sang artis makin sibuk di Hollywood. Hal itu membuat penggemar di negara asalnya, India, merindukan sosoknya.

Mereka berharap menyaksikan Priyanka Chopra di film Bollywood atau layar kaca terbaru, diwartakan Times of India, Rabu (21/2/2018). Secara kebetulan, kabar terbaru menyebutkan, Priyanka Chopra mendapatkan tawaran berakting di sekuel Aitraaz.

—————————————————–2 dari 5 halaman—————————————————–

Jadi Antagonis

Film Aitraaz yang tayang 2004 silam juga pernah diperankan Priyanka Chopra. Ia memerankan karakter antagonis.

Sebuah kabar menyebutkan, tim produksi telah menawarkan karakter tersebut untuk kembali diperankan Priyanka Chopra. Hingga saat ini, Priyanka Chopra dilaporkan masih menimbang-nimbangnya.

—————————————————–3 dari 5 halaman—————————————————–

Senang Terkenal di Hollywood

Priyanka Chopra berterima kasih atas dukungan fans. Ia tak menyangka bisa diterima dengan tangan terbuka di Hollywood.

“Saya sungguh tak menyangka dengan antusiasme penonton di seluruh dunia. Dengan Quantico musim baru, kami akan menyuguhkan jalan cerita yang menegangkan, membuat kalian makin penasaran,” ungkap Priyanka Chopra.

—————————————————–4 dari 5 halaman—————————————————–

Terbiasa Beradegan Laga

Di Quantico, Priyanka Chopra berperan sebagai Alex Parrish, agen FBI. Beberapa adegan laga pun dilakoni Priyanka Chopra dengan penuh semangat.

“Ada banyak film Bollywood yang telah saya bintangi, termasuk film laga, seperti Don, Drona, Don 2. Saya memang senang dengan adegan laga. Saya melakukannya dengan berbagai persiapan,” ungkap Priyanka Chopra

Sumber : http://showbiz.liputan6.com/read/3308618/sibuk-di-hollywood-priyanka-chopra-dirindukan-di-negara-asalnya

Kritikan Makin Pedas, Padmavati Justru Tembus Keuntungan Rp 1,1 Triliun

Liputan6.com, Jaipur – Padmavati yang diperankan Deepika Padukone, Shahid Kapoor, dan Ranveer Singh menjadi kontroversi. Film yang seharusnya tayang akhir 2017 itu terpaksa ditunda kemunculannya di layar bioskop karena banyaknya protes yang datang dari kelompok masyarakat di India.

Alasannya, Padmavati diduga memberikan gambaran yang berbeda dengan sejarah yang beredar di masyarakat. Tak hanya diprotes kaum agama Hindu, umat Muslim di India juga menyuarakan keberatannya.

—————————————————–1 dari 5 halaman—————————————————–

Dianggap Sesat

Padmavati memberikan gambaran yang salah mengenai sosok Sultan Allaudin Khilji. Selain itu, film ini juga terkesan menyudutkan umat Muslim, dilansir dari HindustanTimes.

Umat muslim di India berharap film Padmavati diuji kembali kelayakannya. Asaduddin Owaisi meminta panel yang berisi ahli sejarah atau mantan bangsawan India, khususnya Rajput (menjadi setting cerita berlangsung), memberikan ulasan (review) film yang objektif.

—————————————————–2 dari 5 halaman—————————————————–

Laris Manis

Meski banyak mendapatkan kritikan pedas, banyak orang yang penasaran dengan cerita Padmavati. Akhirnya Padmavati langsung masuk ke jajaran Box Office tak lama dirilis.

Kini, Padmavati disebut sebagai film Bollywood terlaris. Keuntungan yang diraih Padmavati yaitu 500 Crore Rupee atau sekitar Rp 1,1 triliun, diwartakan ZeeNews, Selasa (20/2/2018).

—————————————————–3 dari 5 halaman—————————————————–

Sukses di Seluruh Dunia

Angka keuntungan Padmavati disebut-sebut akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Padmavati masuk dalam jajaran film Bollywood yang sukses di seluruh dunia, setelah Baabubali 2 dan Dangal.

Kehadiran Padmavati membuat film yang diperankan Salman Khan dan Katrina Kaif, Tiger Zinda hai mulai hilang pamor. Bahkan, Tiger Zinda Hai mulai melambat di Box Office.

—————————————————–4 dari 5 halaman—————————————————–

Film Lain Tunduk

Tiger Zindai Hai, film bernuansa laga yang dibalut dengan romantisme sempat menjadi perbincangan di Bollywood. Film tersebut sempat dapat sebutan sebagai karya tersukses di awal 2018.

Kini, sebutan tersebut jatuh ke tangan Padmavati. Kesuksesan Padmavati juga membuat pemerannya, Deepika Padukone, Shahid Kapoor dan Ranveer Singh makin populer.

Sumber : http://showbiz.liputan6.com/read/3304841/kritikan-makin-pedas-padmavati-justru-tembus-keuntungan-rp-11-triliun

Tahun Politik, Tak Halangi Pembuatan Ogoh-ogoh

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Memasuki pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, animo masyarakat Kabupaten Klungkung untuk berkreasi membuat ogoh-ogoh menyambut Hari Raya Nyepi tak padam. Bahkan, pemkab tetap menyelenggarakan lomba. Hanya saja, karyanya dilarang mengandung unsur politik.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Klungkung, Komang Sukarya menjelaskan pembuatan boneka raksasa itu sebagai bentuk pelestarian budaya dan bagian kreativitas seni masyarakat. Ditengah hajatan politik ini, hal tersebut tidak dijadikan persoalan. “Kami tidak berpikir ke arah politik,” ungkapnya, Selasa (20/2).

Pejabat yang juga seorang seniman ini menyebutkan pada perlombaan itu, panitia sudah memberikan kriteria sangat ketat. Salah satunya, karya tidak berbau politik. Jika diabaikan, sanksi diskualifikasi siap mengganjar. Sementara itu, terkait tokoh yang dibuat mengambil cerita dari Mahabharata, Baratayudha atau babad. “Bahannya juga harus ramah lingkungan. Tidak boleh memakai Styrofoam,” tegasnya.

Lomba tahun ini hanya diikuti delapan peserta, lebih sedikit jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut ditengarai akibat keterbatasan anggaran.

Pada lomba ini, pemkab memberikan anggaran pembinaan Rp 9 juta untuk peserta di Klungkung daratan dan Rp 12 juta Nusa Penida. Jumlah tersebut dinyatakan sudah naik dari sebelumnya.

Ogoh-ogoh tersebut akan diarak pada 11 Maret. Klungkung daratan dipusatkan di Jalan Untung Surapati dan di Kepulauan Nusa Penida di Lapangan Desa Sampalan. Tim penilaianya pun tidak mengambil orang Klungkung. “Ini supaya objektif. Penilaian ke lapangan sudah mulai. Itu lebih ke bahan-bahan,” tandasnya. (Sosiawan/balipost)

Sumber : http://www.balipost.com/news/2018/02/21/38193/Tahun-Politik,Tak-Halangi-Pembuatan…html

Longsor di Puncak Bogor, 2 Tewas Tertimbun

Liputan6.com, Jakarta – Dua orang tewas tertimbun longsor di sekitar Masjid Atta’awun Puncak, Kabupaten Bogor, Senin (5/2/2018). Satu orang lainnya dilaporkan masih tertimbun material longsor.

“Ada dua yang tewas dan tiga luka-luka dibawa ke RSUD Cimacan,” kata Kasat Lantas Polres Bogor, Ajun Komisaris Hasby Ristama, di lokasi longsor Puncak, Senin.

Selain korban jiwa maupun luka, longsor Puncak juga menimbun satu unit sepeda motor di kawasan Riung Gunung. Hingga saat ini, tim gabungan masih membersihkan material yang menutupi badan jalan sekitar Riung Gunung.

“Kami masih fokus evakuasi longsor,” ujar Hasby.

Pantauan Liputan6.com, hingga pukul 15.00 WIB tim gabungan dari TNI/Polri, Damkar, tim relawan lainnya masih membersihkan jalan di enam titik lokasi longsor di Puncak.

————————————————–1 dari 2 halaman————————————————–

Jalur Puncak Ditutup

Satu unit alat berat juga terlihat sedang mengevakuasi material tanah dan batu yang menutupi badan jalan tepat di kawasan Riung Gunung. Tak hanya itu, petugas PLN juga terlihat sedang memperbaiki tiang yang roboh.

Jelang sore ini, polisi masih menutup jalur Puncak. Akibatnya, antrean kendaraan mengular, mulai dari Simpang Gadog hingga sebelum pintu Tol Ciawi.

Sejumlah kendaraan juga ikut terjebak di jalur Puncak, seperti di Riung Gunung, akibat adanya longsor tersebut.

Sumber : http://news.liputan6.com/read/3259232/longsor-di-puncak-bogor-2-tewas-tertimbun

Makam Kuno Berusia 4.400 Tahun Ditemukan di Mesir

Liputan6.com, Kairo – Para arkeolog Mesir mengatakan, telah menemukan sebuah makam berusia 4.400 tahun, di dekat piramida-piramida yang tidak jauh dari Kairo.

Kementerian Purbakala Mesir mengumumkan penemuan itu pada Sabtu 3 Februari 2018. Disampaikan bahwa makam tersebut kemungkinan berisi pejabat tinggi yang bernama Hetpet pada masa Dinasti ke-5 Mesir kuno.

Seperti dikutip dari VOA News, Minggu (4/2/2018), makam tersebut mencakup lukisan dinding yang menggambarkan, Hetpet melihat beberapa tempat berburu ‘dan penangkapan ikan.

“Tempat-tempat tersebut menunjukkan seekor monyet, yang pada waktu itu banyak dimiliki sebagai binatang piaraan, sedang memetik buah dan seekor lagi menari di hadapan orkestra,” ujar pemimpin misi arkeologi, Mostafa Al-Waziri.

Al-Wazir juga yakin, Hetpet adalah seorang wanita yang diyakini dekat dengan kaum bangsawan Mesir, mempunyai satu makam lagi di necropolis barat Giza, di mana terdapat beberapa makam para pejabat tertinggi Kerajaan Kuno Mesir.

Al-Waziri mengatakan, penggalian sedang berlangsung untuk makam yang lain.

————————————————–1 dari 2 halaman————————————————–

Dua Makam Kuno

Sebelumnya, arkeolog Mesir mengumumkan penemuan terbarunya. Mereka menguak dua makam kuno di sebelah selatan Luxor. Diperkirakan, makam tersebut berusia 3.500 tahun.

Makam yang berada di nekropolis atau “kota kematian” Dra Abul Naga, di tepi barat Sungai Nil itu ditemukan di sebuah kompleks pemakaman bangsawan dan pejabat tinggi. Di dalamnya, para arkeolog menemukan sejumlah patung, mumi, tembikar, dan artefak lain.

“… Makam dari abad ke-18 akhirnya ditemukan. Tapi, ini kali pertamanya kami memasuki area pemakaman tersebut,” ujar Menteri Kepurbakalaan Mesir, Khaled al-Anani, melansir laman The Guardian, Senin 11 Desember 2017.

Ia mengklaim penemuan tersebut sebagai bagian dari upaya kementerian untuk mempromosikan sektor pariwisata Negeri Piramida.

Sebagaimana diketahui, pada 2011, Mesir dilanda serangan ekstremis dan kekacauan politik, menyusul adanya pemberontakan. Hal ini membuat industri pariwisata Mesir lesu.

Pemerintah berharap, penemuan ini bisa menghidupkan kembali sektor pariwisata yang pernah ramai di negara mereka.

Anani lantas menjelaskan dua makam kuno itu. Katanya, satu makam memiliki sebuah halaman yang dilapisi batu bata dan berisi sebuah poros pemakaman sedalam enam meter. Halaman dan poros ini mengarah ke empat ruang samping.

Artefak yang ditemukan di dalamnya sebagian besar merupakan pecahan peti mati kayu, sedangkan prasasti dan lukisan dinding menunjukkan bahwa makam ini diduga berasal dari era antara masa pemerintahan Raja Amenhotep II dan King Thutmose IV. Keduanya merupakan firaun dari Dinasti ke-18.

Makam kedua memiliki lima pintu masuk yang mengarah ke aula berbentuk persegi panjang. Makam ini juga berisi dua poros pemakaman yang terletak di sisi utara dan selatan makam.

Artefak yang ditemukan di dalamnya, yaitu kerucut pemakaman — sejenis gerabah yang dicap, topeng pemakaman kayu yang dicat, kapal tanah liat, sekitar 450 patung, dan mumi yang dibungkus linen (bahan yang terbuat dari serat tumbuhan rami).

“Makam yang baru dibuka ini tidak dalam kondisi baik. Tetapi, isinya mungkin memberikan petunjuk bagi penemuan-penemuan lain,” ujar Anani.

Kementerian Kepurbakalaan Mesir menyebut, ada sebuah gerobak yang diukir di langit-langit dan diberi nama Raja Thutmose I dari dinasti ke-18 awal.

 

Sumber : http://global.liputan6.com/read/3255099/makam-kuno-berusia-4400-tahun-ditemukan-di-mesir

Indonesia Raih ‘Best Director’ dalam Ajang ASEAN Film Awards 2017

Liputan6.com, Jakarta – Wicaksono Wisnu Legowo, sutradara film “Turah” terpilih sebagai sutradara terbaik (Best Director) dalam ajang ASEAN Film Awards yang dilaksanakan dalam rangkaian ke-20 Vietnam Film Festival di Trung Vuong Theatre, Da Nang, Vietnam, pada 28 November 2017.

Film “Turah” masuk dalam tiga nominasi dari empat kategori, yaitu Best Actor, Best Director dan Best Movie. Wicaksono Wisnu Legowo berhasil menyabet gelar Best Director dengan menyisihkan dua sutradara asal ASEAN lainnya, yaitu Mikhail Reid (Filipina/Birdshot) dan K. Rajagopal (Singapura/A Yellow Bird). Demikian keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com dari KBRI Hanoi pada 29 November 2017.

Sementara itu, Best Actress diraih oleh Mary Joy Apostol (Filipina/Birdshot) dan Best Actor dimenangkan oleh Sivakumar Palakhrisnan (Singapura/A Yellow Bird). Film A Yellow Bird asal Singapura dinobatkan sebagai Best Movie.

Victor J. Sambuaga, Minister Counsellor KBRI Hanoi, mewakili Wicaksono Wisnu Legowo menerima penghargaan Best Director tersebut. Dewan Juri sendiri terdiri dari Jonathan Hyong-Joon Kim (Produser/Korea Selatan), Roger Garcia (Sutradara/Hong Kong, Cina) dan Karolina Bielawska (Sutradara dan Scriptwriter/Polandia).

ASEAN Film Awards dengan tema “Cinema connects the ASEAN community” untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh Vietnam dalam rangka memperingati ulang tahun ASEAN ke-50.

Tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan film-film terbaik dari 10 negara anggota ASEAN serta menegaskan kembali peran industri perfilman dalam memperkuat persahabatan masyarakat ASEAN.

Setiap negara ASEAN hanya dapat diwakilkan oleh satu film. Adapun kesepuluh film ikut dalam ajang ini adalah Descendant (Brunei Darussalam), Benevolence of Contemporary (Kamboja), Turah (Indonesia), Swan Lifts Turtle (Laos), Adrift (Malaysia), Angel of Eden (Myanmar), Birdshot (Filipina), A Yellow Bird (Singapura), By the Time It Gets Dark (Thailand) dan Hello Vietnam (Vietnam)

 

Sumber : http://global.liputan6.com/read/3180203/indonesia-raih-best-director-dalam-ajang-asean-film-awards-2017

Victoria Jadi Wilayah Pertama Australia yang Bolehkan Suntik Mati

Liputan6.com, Victoria – Negara bagian Victoria di Australia menjadi wilayah pertama yang melegalkan hukum suntik mati atau yang lebih dikenal dengan sebutan eutanasia.

Hal ini akan diperuntukan kepada pasien yang dianggap memiliki peluang hidup yang kecil akibat penyakit yang diderita.

Dilansir dari laman AsiaOne, Rabu (29/11/2017), undang-undang tersebut ditetapkan oleh pemerintah Victoria dan akan berlaku pada Juni tahun 2019.

Keputusan ini dianggap tak mudah. Lewat perdebatan yang begitu alot keputusan tersebut akhirnya ditetapkan.

Dengan keputusan ini, Victoria menjadi satu-satunya negara bagian di Australia yang melegalkan praktik suntik mati.

Menteri Utama Negara Bagian Victoria Daniel Andrews yang mendukung UU suntik mati mengatakan, setiap orang punya hak untuk menentukan keputusan terakhir dalam hidup.

“Victoria adalah negara bagian pertama yang meloloskan UU ini,” ujar Andrews.

Menurut Andrews, pilihan ini dapat ambil oleh mereka yang sakit parah. Selain itu bagi mereka yang sudah tak mampu menahan rasa sakit.

Dikutip dari laman AFP, salah pasien Australia bernama Jen Barnes yang mengalami sakit tumor pada otak dan tak dapat disembuhkan lewat operasi menyambut keputusan ini.

“Saya tak mungkin bisa bertahan dalam kurun waktu yang begitu lama. Saya pikir ini adalah cara paling tepat untuk pergi selamanya,” ujar Barnes.

 

1 dari 2 halaman

Kolombia Legalkan Suntik Mati Pertama untuk Penderita Kanker

Jauh sebelum negara bagian Victoria, Kolombia sudah terlebih dahulu melegalkan suntik mati. Pada Juli 2015, seorang pria berusia 79 tahun, menjadi orang pertama di Kolombia yang dibolehkan secara hukum untuk euthanasia atau suntik mati.

“Ovidio Gonzalez menderita kanker tenggorokan tingkat akhir dan mengatakan, ia telah menderita sakit yang tak tertahankan,” demikian seperti dikutip dari BBC.

Gonzalez meninggal di kota barat Pereira. Dia menghabiskan beberapa minggu berjuang dengan dokter dan administrator di rumah sakit, demi melaksanakan keputusan Departemen Kesehatan yang mewajibkan klinik untuk melakukan prosedur ketika diminta oleh pasien yang sakit parah.

“Ayahku menerima kabar (bahwa prosedur tersebut telah disetujui) dengan lega,” kata putra Gonzalez, Julio Cesar, yang merupakan kartunis surat kabar Kolombia, El Tiempo.

“Sangat disayangkan ayahku meninggal dengan cara seperti itu. Ayahku seharusnya layak pergi tanpa banyak pemberitaan,” ucap pria yang lebih dikenal dengan nama Matador atau The Killer.

Gereja Katolik Kolombia mengatakan euthanasia secara moral tidak dapat diterima. Mereka pun mengancam untuk menutup rumah sakit di seluruh negeri. Euthanasia juga sangat kontroversial di Roma yang didominasi penganut Katolik.

Kolombia adalah satu dari sedikit negara di dunia, dan satu-satunya di Amerika Latin, di mana euthanasia diperbolehkan. Upaya bunuh diri legal itu telah disetujui oleh Mahkamah Konstitusi pada 1990-an. Tapi tidak ada prosedur pasti untuk melakukannya, karena belum ada aturan.

Barulah pada Mei 2015, kementerian kesehatan turun tangan dan mengeluarkan seperangkat pedoman untuk rumah sakit menjalankan prosedur suntik mati.

Sumber : http://global.liputan6.com/read/3179860/victoria-jadi-wilayah-pertama-australia-yang-bolehkan-suntik-mati

Waspada, Ini 3 Bahaya Abu Vulkanik Gunung Agung yang Mengancam Kesehatan Anda

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Sejak pertama kali hujan abu Gunung Agung mulai terjadi pada hari Minggu (26/11) lalu, hingga hari ini terus berlangsung.

Intensitas abu vulkanik yang terbawa angin ke wilayah Bangli kian hari terpantau semakin tebal. Hal ini tentunya dapat berdampak buruk utamanya bagi pernafasan.

1. Gangguan ispa

Seperti dijelaskan oleh dokter spesialis anak RSUD Bangli, Ni Made Adi Purnami, Selasa (28/11/2017), penyebaran abu vulkanik Gunung Agung ini, berdampak pada gangguan saluran pernafasan, hingga menyebabkan Infeksi respiratori atas.

Atau yang kerap disebut ISPA. Berlanjut pada infeksi respiratori bawah, yang menyerang paru-paru.

Lanjut Dokter Adi, sejatinya gangguan pernafasan tidak hanya dipengaruhi oleh abu vulkanik semata. Asap pembakaran sampah, asap rokok, asap kendaraan, hingga debu di jalan, juga menjadi salah satu penyebab dari timbulnya gangguan pernafasan ini.

“Namun demikian, dengan meningkatnya aktivitas Gunung Agung, intensitas abu vulkanik yang dihasilkan tentu kian hari kian bertambah. Meski secara kasat mata abunya masih tergolong tipis,” ucapnya.

Berbicara mengenai gangguan saluran pernafasan, papar dokter anak asal Banjar Pule, Bangli ini, mula-mula seseorang akan mengalami bersin-bersin yang artinya, tubuh tengah merespon benda asing yang masuk ke dalam tubuh, untuk dikeluarkan.

Apabila sistem kekebalan tubuh lemah, maka seseorang akan mengalami flu hingga batuk.

“Inilah yang disebut dengan infeksi saluran pernafasan atas,” ucapnya.

Adapun dengan infeksi saluran pernafasan atas ini, sambung Dokter Adi, akan berlanjut dengan infeksi saluran pernafasan bawah, di mana dalam hal ini merupakan paru-paru, seperti sesak nafas.

“Jika terus berulang, maka akan menyebabkan kerusakan paru-paru total. Yang mana seseorang membutuhkan tabung oksigen seumur hidupnya,” tuturnya.

Dikatakan pula, gangguan penafasan ini bisa dialami oleh semua usia.

Namun, semakin besar usia seseorang, maka semakin besar pula imunitas tubuh.

Sehingga gangguan pernafasan lebih rentan dialami oleh anak-anak.

Terkait hal ini, pihaknya mengimbau kepada setiap warga, agar selalu membekali anak-anaknya minimal dengan masker.

Terlebih saat ini, khususnya anak-anak SD tengah menjalani UAS. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, apabila anak-anaknya mengalami batuk dibarengi gangguan berupa susah tidur, panas badan, mengalami gangguan makan dan minum, serta gangguan tidur, diharapkan agar segera berobat ke puskesmas terdekat.

“Terlebih jika anak-anak sampai mengalami sesak nafas. Artinya sudah ada gangguan pada paru-parunya. Sehingga perlu penanganan lanjutan,” imbaunya.

2. Alergi kulit

Di tempat yang sama, dokter kulit dan kelamin, A.A.I.A Nindya Sari, menjelaskan, dampak abu vulkanik dari Gunung Agung ini, berdampak pada alergi kulit seperti gatal.

Hanya saja, alergi yang disebabkan oleh abu vulkanik, sifatnya berjangka, dan tergantung dari tingkat sensifitas kulit.

Sambung dokter Nindya, adapun dampak yang sifatnya secara langsung, yakni apabila seseorang terkena kontak langsung material seperi lahar dingin, sehingga kulit menjadi iritasi dan berdampak pada perih.

3. Dampak bahaya pada mata

Sementara dampak pada mata, menurut dokter mata RSUD Bangli, Dewa Gede Benny Raharja, material abu vulkanik atau volcanic ash, merupakan material yang keluar dari aktivitas magma, berupa partikel halus yang berukuran kurang dari 2 mm (0,079 inchi), yang disebut juga silika.

“Silika ini merupakan bahan dasar pembuatan gelas atau kaca,” ucapnya.

Adapun dampak dari abu vulkanik ini, tentunya lebih berbahaya dibandingkan dengan abu yang merupakan hasil dari pembakan kayu atau kertas yang lebih soft (lembut).

“Abu vulkanik ini keras, abrasif, dan tidak larut dengan air,” jelasnya.

Lanjut dia, jika abu vulkanik ini sampai masuk ke mata, semula seseorang akan merasa tidak nyaman, dan terasa seperti kemasukan pasir, perih, dan berair.

Andaikan dikucek, tentu menyebabkan lecet di kornea mata yang mampu memicu mata merah, nyeri, dan silau.

“Lecet di kornea itu jadi awal dan pintu masuk kuman menginfeksi kornea. Pengobatan yg salah justru bisa menimbukan infeksi serta ulkus (peradangan) pada kornea. Ulkus ini bisa menyebabkan kebutaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya menganjurkan pada warga, agar senantiasa mengenakan pelindung mata atau kaca mata yang mampu menutup seluruh mata, mengurangi kegiatan luar ruangan, apabila kemasukan abu vulkanik, segera bilas dengan air bersih menggunakan air mengalir minimal satu liter dan jangan di kucek.

“Apabila mata sudah merah, berair dan terasa nyeri, segera lakukan pemeriksaan ke dokter guna mencegah komplikasi lebih lanjut,” tandasnya. (*)

Sumber : http://bali.tribunnews.com/2017/11/28/waspada-ini-3-bahaya-abu-vulkanik-gunung-agung-yang-mengancam-kesehatan-anda?page=4

PVMBG Prediksi Dalam Hitungan Jam Gunung Agung Akan Meletus Besar-besaran

KARANGASEM – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memprediksi dalam hitungan jam Gunung Agung akan meletus secara besar-besaran.

Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, I Gede Suantika mengatakan, saat ini aktvitas Gunung Agung sekarang sudah memasuki fase sangat kritis untuk letusan yang lebih besar.

“Artinya begini volume yang keluar cukup besar. Vulume materialnya vulanik cukup besar. Ada dua kemungkinan cara keluarnya ini. Satu kita mencatat over skill kali ini jejak aliran magma dari bawah ke atas sampai sudah over skill,” katanya di Karangasem, Selasa (28/11/2017).

Dia menjelaskan, artinya over skill itu amplitudo yang dicatat dialat ini sudah satu rentet.

“Saking besarnya sampai tidak tercatat. Over skill ini selama 30 menit. Dari pukul 13.30 Wita hingga pukul 14.00 Wita,” paparnya.

Dia menjelaskan, disemua status yang dimiliki PVMBG sudah merekam semua stasiun over skill di Gunung Agung.

“Artinya ini volume materialnya cukup besar. Ada dua cara dia keluarnya, satu secara besar-besaran, dia akan cepat memenuhi kawah meleleh dan akan jatuh lava dan dikuti awan panas. Kedua keluarnya seketika dia keluar secara ekspolosif kemungkinan awan panas sudah keluar ini kedepannya begitu,” jelasnya.

Ia menegaskan, bahwa indikasi meletus dalam hitungan jam ini sangat kuat.

“Indikasi mengarah untuk meletus lebih besar sangat kuat, sudah dalam hitungan jam ini. Bukan hitungan hari lagi,” pungkasnya.

Sumber : https://news.okezone.com/read/2017/11/28/340/1821896/pvmbg-prediksi-dalam-hitungan-jam-gunung-agung-akan-meletus-besar-besaran