Krupuk Klejat Camilan Unik Khas Serangan Bali

Krupuk Klejat Camilan Enak dan Murah

Apa yang terbayang saat mendengar Klejat? Mungkin Anda masih asing mendengar kata Klejat, tapi tidak asing lagi bagi warga Serangan mendengar Krupuk Klejat. Cemilan ini berbahan dasar kerang laut yang biasa disebut di Bali dengan Klejat. Krupuk ini rasanya cukup unik, gurih dan renyah tak kalah enak dengan kerupuk ikan, kulit, singkong, dan lain-lain.

Krupuk Klejat saat ini sudah seperti souvenir khas Bali. Itu terjadi karena banyak orang suka menikmati cemilan ini. Cemilan ini terbuat dari kerang laut yang dikenal dengan nama Klejat di Bali. Proses dalam pembuatan Krupuk Klejat tak jauh beda dengan krupuk-krupuk lainnya. Berikut bocoran rahasia pembuatannya. Klejat atau kerang laut harus direbus terlebih dahulu sampai mendidih atau matang. Setelah itu Klejat dikeluarkan dari kulitnya. Kalau sudah, daging Klejat itu dibersihkan menggunakan air. Daging yang telah dibersihkan kemudian diberi air garam dan penyedap rasa secukupnya. Kalau sudah rata dengan garam dan penyedap rasa, daging tersebut dijemur sampai kering di bawah sinar matahari yang cukup. Apabila daging kerang laut kering telah cukup siap untuk digoreng maka daging kering itu pun digoreng pada minyak goreng yang sudah dipanaskan sebelumnya.

Daging Klejat yang sudah digoreng kemudian ditiriskan, tunggu sampai uap panasnya menghilang baru kemudian dikemas dalam toples atau plastik. Cemilan ini dipopulerkan oleh Kelompok Belajar Usaha Mina Boga Serangan binaan P3M Universitas Warmadewa. Kelompok ini merupakan sebuah wadah yang memfokuskan diri dalam melestarikan makanan khas daerah Serangan. Selain sebagai cemilan, Krupuk Klejat juga enak dikonsumsi sebagai lauk. Kalau Anda merasa bosan dengan krupuk ikan atau singkong yang biasa Anda jumpai, cobalah Krupuk Klejat untuk melengkapi santap sarapan, makan siang, atau makan malam Anda.

Krupuk ini dijual di pasaran daerah Serangan, Denpasar, Bali dengan harga rata-rata Rp 1.500—Rp 3.000,- per bungkus. Murah bukan? Anda bisa memborongnya dari Bali ke rumah Anda. Krupuk Klejat bisa ditemui di mana saja, bisa swalayan, pasar, atau pedagang oleh-oleh di sekitar daerah objek wisata pun menjual cemilan ini. Mengingat banyak orang yang menggemari cemilan ini, tentunya Anda juga perlu perjuangan untuk mendapatkannya. Terutama memasuki bulan Juni, Juli, hingga Desember, banyak wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara yang menginginkan Krupuk Klejat sebagai cemilan.

Anda bisa menemukan kerupuk ini dalam jumlah berlimpah bila ke Serangan, Denpasar. Untuk mencapai lokasi, Anda sebaiknya melalui Jl. By Pass Ngurah Ra di Kasiman Petilan hingag sampai ke Jl. Pulau Serangan. Berkendaralah sampai ke Jl. Pantai Serangan di Serangan.

 

Sumber : https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-bali/krupuk-klejat-camilan-unik-khas-serangan-bali.html

No Comments

Leave a Reply