Ini Bedanya ‘Soft Ice Cream’ dengan ‘Hard Ice Cream’

Jakarta – Meskipun sekilas tampak sama, tapi keduanya punya perbedaan. Soft ice cream yang lembut ternyata berbeda dengan hard ice cream. Apa bedanya?

Selain gelato dan sorbet, es krim juga memiliki dua tipe penyajian yang berbeda. Tipe ini biasanya dikenal dengan soft dan hard. Tentunya perbedaan ini terletak dari proses pembuatan hingga temperatur yang digunakan.

Ini Bedanya 'Soft Ice Cream' dengan 'Hard Ice Cream'

Soft ice cream memiliki tekstur yang lebih lembut dengan kandungan susu dan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan hard ice cream.

Soft serve ice cream atau soft ice cream dengan jumlah udara yang tepat akan menghasilkan warna keputihan. Ketika udara ditambahkan, es krim menjadi mengembang dan molekul besar memungkinkannya memantulkan cahaya putih. Warna putih ini menandakan bahwa es krim memiliki kualitas yang lebih baik daripada es krim lembut dengan sedikit udara. Jika es krim lembut ini tidak memiliki cukup udara, akan menghasilkan warna kekuningan.

Ketika udara ditambahkan pada soft ice cream yang dibekukan, tentu ini akan berpengaruh pada rasa dan tekstur. Soft ice cream dengan tambahan udara akan membuat tekstur halus dan creamy.

Ini Bedanya 'Soft Ice Cream' dengan 'Hard Ice Cream'

Jika dilihat dari suhunya, soft ice cream di bawah 5 derajat dan hard ice cream di bawah 20 derajat.

Dikutip dalam Pralinesownmade, soft ice cream disajikan dengan menggunakan mesin khusus. Mesin ini dapat mengkondisikan tekstur es krim yang lembut dengan suhu optimal, tidak sekeras hard ice cream.

Soft ice cream dijual sajikan langsung dari mesin khusus, seperti yang kita sering lihat di restoran cepat saji. Soft ice cream dengan tekstur yang lembut dan fluffy ini juga bisa ditambahkan beberapa jenis topping. Sedangkan hard ice cream sudah dikemas rapih oleh pabrik dan tidak bisa ditambahkan dengan topping sesuai selera.

Ini Bedanya 'Soft Ice Cream' dengan 'Hard Ice Cream'

Meskipun tampilannya berbeda, namun bahan-bahan yang digunakan tetap mengandung susu dengan tambahan rasa seperti vanilla, strawberry hingga cokelat.

Sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-4146372/ini-bedanya-soft-ice-cream-dengan-hard-ice-cream

No Comments

Leave a Reply